Sabtu, 26 Mei 2018

Tips Parenting Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak


Anda pasti ingin memiliki anak yang percaya diri, tidak mudah minder di depan orang lain dan lainnya. Rasa percaya diri pada anak bukanlah bawaan dari lahir. Tetapi bisa ditumbuhkan pada anak sejak kecil. Cara orang tua mengasuh anaknya, sangat berpengaruh dengan sikap yang dimiliki anak. Orang tua harus bisa mendorong dan meningkatkan kepercayaan diri anak, sehingga dia tidak mider dan takut bergaul dengan orang lain. Inilah tips parenting untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak. 


Hargai Usaha Yang Telah Dilakukan Anak 

Entah itu menang atau kalah, selalu hargai usaha yang telah dilakukan anak. Banyak orang tua, yang menyalahkan anak ketika ia gagal. Ini akan membuat anak kurang percaya diri. Misalnya anak ikut lomba, tetapi tidak bisa menang. Tetap kuatkan dan hargai anak, bahwa apa yang dia lakukan sudah baik. Di sudah berusaha sebaik mungkin. Kalah bukan berarti sebuah kegagalan yang harus diratapi terus menerus. 


Latih Anak Melakukan Hal Yang Ia Sukai 

Setiap anak pasti memiliki hal yang dia sukai. Coba cari keterampilan yang dia miliki. Kemudian ajak untuk berlatih terus menerus. Jangan pernah tekanan anak untuk melakukan hal yang dia tidak sukai. Semakin dipaksakan, semakin kerpecayaannya hilang. Selalu dukung anak melakukan hal yang ia suka dan pantau terus. Sehingga tidak keluar dari norma yang berlaku. 


Biarkan Anak Menyelesaikan Masalahnya Sendiri 

Tips parenting ini, sering dilupakan para orang tua. Bila orang tua selalu mencampuri atau mengambil alih pekerjaan anak, ini akan membuat anak kurang berkembang dan akhirnya kurang percaya diri. Biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri. Orang tua hanya perlu membantu dan memberikan saran. Jangan ditekan atau disalahkan. Ajarkan anak untuk menyelesaikan masalah dengan usahanya sendiri. 


Biarkan Sikap Anak Sesuai Usia 

Banyak orang tua yang memaksakan perilaku anak. Padahal dia belum waktunya untuk bersikap dewasa, tetapi sudah diajari hal-hal yang membuatnya cepat dewasa. Biarkan dia berkembang dengan apa adanya. Sesuaikan dengan usia anak, jangan paksakan keinginan orang tua pada anak. Karena membuat kepercayaan diri anak semakin berkurang. 


Berikan Tantangan Baru 

Selalu berikan anak tantangan baru, yang membuatnya terus berkembang. Bila ia sudah mencapai sesuai, tingkatlah lagi tantangan untuk dia. Misal anak sudah bisa naik sepeda roda tiga., ajarkan anak untuk bisa naik sepeda roda dua. Tentunya harus berada dipengawasan anda dan jangan pernah menjatuhkan rasa kepercayaan dirinya 

Untuk membuat kepercayaan diri anak meningkat, jangan pernah membandingkan anak anda dengan anak orang lain. Semakin dia dibandingkan semakin berkurang rasa percaya dirinya. Itulah informasi tentang tips parenting untuk membuat kepercayaan diri anak semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer Posting

3 Keunggulan Kamera Olympus EM5 Mark II